Proses Dan Lama Produksi Undangan Pernikahan Hardcover

Untuk membuat undangan pernikahan hardcover membutuhkan waktu minimal 2 minggu sampai dengan 1 bulan. Terhitung sejak desain disetujui oleh pemesan.

Ini karena proses finishing yang masih manual, menggunakan tangan manusia yang jadi bagian dari kerajinan tangan.

finishing undangan amplop hardcover dengan lem

Secara umum proses produksinya sama dengan model kartu undangan nikah lainnya.

Mulai dari desain menggunakan komputer, membuat plat cetak dan perlengkapan pra-cetak lainnya seperti plat untuk hot stamping foil dan emboss, die-cut blade atau pisau pemotong pola yang nantinya digunakan untuk memotong cover sesuai bentuknya baru dilanjutkan ke proses cetak.

Pada proses cetak ini, kertas bahan yang akan digunakan, dipotong terlebih dahulu sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan kapasitas mesin yang digunakan. Setelah selesai cetak dan tinta kering sempurna, jika menggunakan kertas coated, biasanya harus dilapis terlebih dahulu dengan laminasi panas baik itu glossy ataupun matte (dopp). Jika menggunakan kertas uncoated yang biasanya berupa fancy paper, tidak perlu melalui proses ini.

Lalu proses hot stamping foil dan emboss (jika ada). Dan dikirim ke bagian potong pola dengan mesin potong lurus serta die-cut and creasing machine untuk cover yang akan digunakan.

Setelah itu proses finishing dimulai. Dengan tangan manusia, merakit kertas menjadi kartu undangan sesuai dengan yang dipesan. Ada yang menggunakan lem, ada juga yang menggunakan double tape tergantung kebutuhan.

Disini embellishment juga dipasang sekaligus, seperti bandul dan juga pita serta hal lainnya.

Setelah selesai finishing, mulai packing yang diawali dengan memasukan satu persatu ke dalam plastik yang selanjutnya dikumpulkan ke dalam dus.

Pesanan siap diambil atau dikirim ke tempat kamu.